Fakta Singkat Hipnosis

Hipnosis adalah salah satu metode terapi psikologi yang kontroversial dan sering disalahpahami. Kesalahpahaman ini kebanyakan disebabkan oleh stage hypnosis. Padahal sebenarnya stage hypnosis adalah untuk pertunjukkan. Sama sekali tidak menggambarkan hipnosis dalam hipnoterapi.

Hipnosis adalah keadaan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi, yang kadang dihubungkan dengan keadaan relaksasi. Dalam keadaan terhipnosis, orang akan lebih mudah menerima sugesti daripada biasanya. Keadaan ini sering juga disebut keadaan trance.

Sugesti positif yang diberikan biasa disebut dengan post hypnotic suggestion, karena sugesti tersebut dimaksudkan untuk berjalan saat klien kembali dari keadaan trance.

Berlawanan dengan kepercayaan orang-orang, orang yang dihipnosis memiliki kontrol penuh atas dirinya dan tidak akan melakukan apapun yang berlawanan dengan keinginannya.

Juga, tidak semua orang dapat dengan mudah terhipnosis. Agar sukses terhipnosis, klien haruslah dengan sukarela menjalani tahapan hipnosis. Dan untuk diketahui bahwa efek dari hipnosis tidak akan selalu langsung terlihat setelah menjalani satu kali sesi terapi.

 

Sumber

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter